Experience Big Bad Wolf 2017 @ ICE BSD

Photo: instagram @zentiss
Setelah melewatkan Big Bad Wolf 2016 kemarin, kali ini aku gak mau lagi ngelewatin BBW tahun ini. Sama seperti tahun lalu, BBW 2017 kembali diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Hall 7-10 dari tanggal 21 April s/d 2 Mei 2017 selama 24 jam NON STOP!. Sebenernya lokasi BBW ini cukup jauh dari rumahku di Jakarta, itu juga jadi alasan aku gak datang tahun lalu. Tapi apa boleh buat, Book Wishlist aku udah banyak dan berharap bisa dapetin semua di sana. Terlebih lagi, aku penasaran seberapa miring sih harga buku-buku di sana.

VIP TICKET,  A PRIVILEGE OR USELESS?


Aku gak ngerti kenapa tulisannya Jakarta-_-

Saat itu aku dateng dengan tiket VIP yang berlaku untuk 2 orang. Privilege-nya aku bisa masuk saat Preview Sale tanggal 20 April sebelum tanggal resmi buka (21 April). Keuntungan lain untuk para pemegang tiket VIP, kita juga bisa dapet kesempatan melihat semua koleksi buku pertama kali tanpa khawatir kehabisan buku-buku bagus di sana. Enaknya lagi, buku-buku yang di-display masih berjejer rapi sesuai dengan kategorinya. Karena setauku waktu BBW'16 itu kalau udah dateng di pertengahan atau minggu akhir BBW, buku-bukunya udah pada berantakan dan mencar-mencar akibat orang yang gak jadi beli terus main letakin sembarangan. Well, ini sebenarnya juga terjadi di Preview Sale, tapi gak parah dan secara keseluruhan masih rapi.

Waktu itu aku dateng jam 19.00. Pas masuk, girang nih gak gitu crowded, lowong bisa kesana kemari, tapi ada 1 baris panjang yang agak ganggu jalan. Akupun bingung, nyangka ini antrian sih rasanya gak mungkin banget karena yang aku lihat kasirnya di ujung sana (bener-bener ujung dan jauh sampe aku ga bisa ngira terusan line ini ngarah kemana), sampe aku pikir  ada sistem dimana kita muter ke semua meja berbarengan sambil baris gitu LOL. Aku sama temenku penasaran, "eh ini orang-orang ngapain sih berdiri di sini?", temenku bilang dia juga gatau dan setelah diperhatiin ternyata itu beneran queue line ke kasir! Gosh! seriously that long!?

Selama di sana aku fokus muter-muter di bagian General, Romance, dan Young Adult. Koleksi bukunya lumayan menarik. Buku dari penulis-penulis terkenal seperti Nicolas Sparks, Stephen King, Harper Lee, Rainbow Rowell, John Green, dan lain-lain ada di sana. Tapi sebenernya, banyak juga buku-buku yang aku gak tau dan justru buku inceran aku malah gak ada. Tapi sih ngeliat tumpukan buku di sana aja aku ngerasa udah cukup bingung milihnya karena banyak banget, menarik perhatian semua. Jujur, pas lagi nyari-nyari aku berasa dikejar waktu banget efek ngeliat antrean yang udah segitu panjang, aku mikir bisa kelar jam berapa nanti.

ANTRI 3 JAM!


Nah, ini nih yang bikin gregetan para pemegang tiket VIP di Preview Sale. Sangat disayangkan service dan suasana di hari itu sangat-sangat tidak memberikan kenyamanan selevel VIP untuk para pengunjungnya. Setelah muter-muter dari pukul 19.00, pukul 21.30 aku mutusin untuk stop hunting dan start untuk ngantri. FYI, antriannya itu mengular. Aku literally muterin 3 Hall (8-10) untuk bisa sampe ke kasir yang adanya di paling ujung Hall 10. Awalnya aku gak ngira bakal ngabisin waktu sampai 3 JAM lamanya cuma buat antri. Akhirnya, sekitar pukul 01.00 pagi aku selesai antri dan keluar Hall untuk pulang. Kebayang kan jam berapa aku sampe rumah. And I can say, itu adalah queueing terlama yang pernah aku rasain (lebay). Padahal, aku berharap dengan tiket VIP ini bisa dapet keleluasaan dalam belanja dan bertransaksi. 

Banyak banget ketidaknyamanan di hari Preview Sale. Mulai dari antrean yang sangat panjang, koordinasi informasi yang tidak merata, para kasir yang belum menguasai sistem dan promo pembayaran, hingga para Jasa Titip atau Reseller yang beli bukunya udah kayak mau bikin perpustakaan sendiri. Hal itu jelas memperlambat transaksi yang mengakibatkan antrian yang tersendat (their managements should consider and solve this thing seriously for the sake of other visitors' convenience, especially for book lovers!). Tapi di samping itu semua, sebenarnya aku cukup puas sama para user mobile yang jaga di sana. Mereka ramah-ramah dan siap siaga membantu.

DISKON SAMPAI 80%!


Bayangin, kisaran harga novel impor di sana rata-rata dibanderol mulai dari harga 50 ribu sampai 85 ribu aja. Bahkan novel dengan hardcover dan halaman yang tebel sekalipun harganya gak lebih dari 75 ribu. Kemarin aku liat Boxset Mockingjay juga cuma seharga 160 ribuan. SURGA ABIS! bener-bener bikin kalap.

Setelah perang konflik antara kantong dan hasrat beli buku yang tidak seimbang (lol), akhirnya aku bisa mengontrol diri untuk beli buku secukupnya, mengingat masih banyak novel di rumah yang udah "waiting list" untuk dibaca. Aku berkali-kali ngambil buku seenaknya dan akhirnya setelah dipangkas, buku-buku inilah yang akhirnya aku beli. Aku sangat puas dengan hasil buku yang aku bawa pulang. Walaupun ada beberapa buku yang orang lain nemu tapi aku gak nemu (hiks), tapi overall aku puas banget sama buku pilihanku. And definitely! most of these books adalah Book Wishlist yang aku pengen banget selama ini.

I've spent  approx 750k for all these books


TIPS DATANG KE BBW


Alright, setelah berbagai pengalamanku pertama kali datang ke BBW, aku ada tips yang sekiranya berguna dan bisa membantu memberikan gambaran untuk kamu yang belum pernah dan akan berencana datang kesana

1. Jangan Pergi Sendirian

Kenapa? di sana itu rame banget. Just in case kalian harus antri lama atau mau istirahat jajan dan lain-lain, kalian gak begitu repot dan gak bosen nunggu sendirian. Apalagi kalau antreannya sepanjang aku kemarin, untungnya aku pergi sama temenku. Walaupun cuma pergi berdua, tapi ngobrol sepanjang antrean lumayan killin' time banget. Kamu juga bisa gantian istirahat dan jaga antrean sama temen kamu biar gak terlalu capek. Antri sambil diri selama beberapa jam itu sangat-sangat melelahkan, lho!

2. Datang di Hari/Minggu Awal

Gak mau dapet buku sisaan, kan? dateng di hari-hari pertama atau kedua deh. Temenku dateng di hari ke empat aja dia bilang udah banyak yang sold out. Walaupun di pertengahan mereka akan re-stock lagi, tapi gak banyak buku bagus di hari pertama yang muncul lagi (khususnya novel ya).

3. Siapin Energi dan Cemilan Ya!

Kemarin aku gak sempet jajan di sana jadi aku gak bisa kasih tau experience-nya. Setauku jajan di sana disaranin pake e-money Mandiri gitu dan harusnya sih bisa cash juga. Tapi untuk menghindari jajanan yang mahal kalian mending bawa cemilan dan air minum sendiri aja, karena di sana bakal capek banget kalau case-nya kayak aku. 

4. Dateng Siang (Weekdays) atau Malem Sekalian

Di saat orang-orang lagi pada ngantor, kalian bisa tuh kesana siang-siang pas weekdays. Harusnya sih lebih sepi juga ya. Atau coba aja kesana dini hari. Banyak juga loh yang coba kesana subuh-subuh karena cenderung lebih sepi.

Sekian dulu yah sharing pengalaman BBW ku tahun ini. Sampai jumpa di BBW 2018:)

1 Comments