Pengalaman Berobat ke Dr. Kun Jayanata SPKK (K))

Photo: womanista.com

"Katanya jerawat tumbuh gara-gara stress,
tapi kita stress juga karna jerawat itu sendiri!"

Yap, itulah acne cycle yang gak ada ujungnya. Sama halnya kayak "Ayam dulu atau telur dulu?". Tiap ngaca, Mama ku pasti bilang:

"Udah, jangan diliatin terus itu jerawat, nanti stress malah bikin jerawatnya tambah banyak!"

Tapi namanya juga cewek, jerawat kecil satu aja udah bikin pusing. Apalagi, pas mau ada special occasion jerawat malah seolah-olah sengaja muncul. Alih-alih biar cepet kempes malah di pencetin. Alhasil, hilang satu tumbul sepuluh!

Aku sendiri punya masalah jerawat yang lumayan bandel. Sebenernya jerawat di mukaku itu bisa dibilang gak parah-parah banget. Tapi, noda bekas jerawatnya itu yang bikin risih. Belum juga hilang noda bekas jerawatnya, udah muncul lagi jerawat baru di spot yang berbeda, muka pun jadi keliatan kusam dan gak mulus lagi.

Coba-Coba Skin Care....

Pas masuk kuliah, bisa dibilang aku baru "melek" perawatan dan tau produk-produk Skin Care. Sudah mulai resah sama jerawat yang hilang-muncul gak abis-abis, akupun coba menyerahkan masalah jerawatku dengan datang ke Natasha Skin Care dengan harapan jerawat gak akan sering muncul lagi. 

Di bulan pertama aku mengalami break out yang bikin aku tambah stress. Ya, aku tau itu adalah masa purging yang pasti dialami di bulan-bulan pertama perawatan, katanya sih jerawatnya memang sengaja dikeluarin semua untuk ngebersihin jerawat di dalam. Tapi tetep aja gak tahan liatnya.

Bertahan selama kurang lebih 8 bulan, aku memutuskan untuk berhenti pakai Natasha. Selain karena gak ngasih perubahan, aku juga kurang suka dengan tekstur krim nya yang oily banget dan bikin mukaku jadi hitam (hiks). Aku gak ngerti padahal Dokternya juga kasih Sunblock, tapi kalau aku pakai krim jerawatnya muka jadi gosong, Sampai-sampai Dosenku pernah bilang gini: 

"Vid, kamu abis dari Pantai ya? kok hitam kayak abis berjemur?"

Dia bilang hitam loh bukan tanned lol. Sebenarnya pakai krim dan sabun Natasha bikin muka licin dan glowing. Tapi itu tadi, walaupun Dokter menyarankan peeling untuk membantu mencerahkan wajah, tapi harga peeling di Natasha itu lumayan mahal untuk perawatan yang sifatnya harus rutin.

Singkatnya, setelah pupus harapan dengan Natasha, aku beralih ke London Beauty Center (LBC). Di LBC ini aku juga gak lama, cuma sekitar 2 bulan obatnya habis dan aku gak re-purchase lagi. LBC ini bisa dibilang lebih murah dari Natasha. Tapi, lagi-lagi karena aku gak sabaran dan obatnya so-so aja, jadi aku memutuskan untuk berhenti lagi.

Memutuskan Berobat ke Dr. Kun Jayanata SPKK (K)

Aku mulai tertarik pengen coba Dr. Kun setelah liat perubahan temenku yang tadinya jerawatan parah sekarang jadi bersih banget semenjak berobat di sana. Tadinya sih sempet ragu karena denger-denger obat minum yang dikasih lumayan keras. Tapi, lihat hasil yang signifikan dari pasien-pasiennya malah tambah bikin aku penasaran pengen coba, apakah obat ini akan ngefek ke aku atau sama aja kayak skin care lain.

Sejak pertengahan tahun 2016, pendaftaran berobat di Dr. Kun sudah dan hanya bisa dilakukan melalui telepon. Thank God, kita jadi gak perlu datang subuh-subuh untuk dapat nomer antrean. Waktu itu aku coba telpon hari Sabtu, gak lebih dari 5 kali aku telpon langsung di angkat. Tapi dikarenakan registrasi baru bisa dilakukan hari Senin jadi aku diminta menelpon kembali di hari Senin dari jam 9 pagi s/d jam 6 sore.

Nah, inilah struggle dimulai. Hari Senin aku kembali telepon Dr. Kun. Parahnya, sejak awal jam setengah 9 pagi aku telepon nomornya selalu sibuk. Gak mau menyerah gitu aja, aku telepon berkali-kali sampai akhirnya baru diangkat sekitar jam setengah 5 sore. Aku inget banget pas aku cek daftar panggilan keluar ternyata dari pagi sampai sore itu aku sudah telepon lebih dari 100 kali! perjuangan banget yaaah. Akhirnya aku dapat jadwal konsul Senin, 7 Maret 2017 tepat seminggu kemudian dari hari aku telepon untuk reservasi. Mbaknya tanya aku prefer siang atau malam. Dikarenakan weekdays aku kerja jadi aku pilih malam dan dijadwalkan pukul 19.00.

Tampak ruang tunggu dan meja registrasi

Ruang tunggu pasien

Waktu aku datang suasananya udah gak begitu rame banget. Sesampainya di sana, aku langsung re-regis dan untungnya gak lama langsung dipanggil masuk. Seneng banget jadi gak harus nunggu lama untuk dipanggil. Sekali masuk Dr. Kun melayani 8 orang pasien. Di dalam lebih lama di ceramahinnya sih haha mungkin karena masalah dan hal-hal penyebab jerawat setiap orang basically disebabkan sama hal yang sama kali yah.

Pesan Dr. Kun kepada setiap pasiennya:

1. Gak boleh facial!
2. Gak boleh pakai produk yang mengandung Tea Tree Oil
3. Gak boleh mengkonsumsi vitamin atau obat yang mengandung Vitamin E
4. Make up? Silahkan :)
5. It's okay to eat peanuts, kok!




[Update]

Saat ini aku sudah jalan 3 bulan pakai obat dan krim Dr. Kun. Bisa dibilang hasilnya belum begitu signifikan sampai saat ini, malah kayaknya aku lagi ngalamin purging deh walau jerawat yang muncul memang sudah gak sesering dulu lagi sih. Yang paling aku suka kalau pakai krimnya jerawat cepat kering, tapi tetep aja  sih bekas jerawatnya agak lama hilangnya. 

Selama 3 bulan ini aku baru re-purchase obat minum jerawat dan krim pemutihnya aja. Selain dua itu, seperti krim jerawat pagi-malam, facial wash dan sunblock masih ada kok sampai sekarang. Awet juga yah. 
Enaknya lagi, kalau obat kalian habis gak perlu repot-repot datang ke lokasi. Dr. Kun melayani pesan-antar obat melalui CP yang tertera yang dikirim melalui JNE. Kalau mau ekstra cepat tinggal pesan pakai Go-Jek melalui layanan Go-Shop. Gampang, kan?

[Update Maret 2018)

Hi, aku mau kasih update lagi. Udah kurang lebih mau setahun nih aku pakai Dr. Kun hasilnya alhamdulillah udah gak pernah muncul jerawat lagi!. Bener kata Dr. Kun, buat bener-bener lepas dari obatnya paling enggak tunggu sampai setahun dulu biar jerawatnya juga ikut berenti. Sebenernya jerawatku berenti ini juga baru kok, kira-kira baru 2 bulanan aja aku ngerasa jerawat kok tumben nih gak nongol2 lagi meskipun pas lagi mau datang bulan. Jadi, bayangin aja buat bisa bener-bener jerawatnya berenti itu aku udah ngalamin purging berapa lama. yaa hampir 8bulanan lah aku masih struggle ngilangin jerawat. 

Sebenernya bukannya aku udah berenti minum dan gak pakai obatnya lagi sih, cuma kebetulan aja obat minumnya waktu itu habis dan aku belum sempet beli lagi. Dan karena mukaku juga lagi gak ada jerawatnya jadi otomatis krim jerawatnya juga gak aku pake-pake.

Fyi, aku belum pernah balik kontrol lagi semenjak awal aku kesana HAHA. Bukannya udah gak mau balik, tapi reservasinya yang susah banget itu yang bikin aku males. Gak ada waktu buat manteng depan telepon terus tiap menit. waktu itu pernah aku reservasi dan seperti biasa butuh berpuluh-puluh kali sampai telepon aku diangkat. Pas udah diangkat nih, semua hari udah full booked dan aku dapet jam dan hari yang gak enak banget yaitu hari Rabu jam 9 pagi, which is itu hari kerja dan kayaknya gak memungkinkan buat aku bolos. jadi yaudah deh aku gak dateng dan sampai sekarang belum balik kontrol lagi.

[UPDATE OKTOBER 2018]

Bisa dibilang aku sudah bebas jerawat, guys!!!. Bahkan ketika mau dapet sudah jarang muncul jerawat lagi. Ada muncul jerawat paling sekali2 aja pas aku suka gak sengaja gak bersihin muka pas mau tidur *jangan ditiru*. Biasanya pas benih2 jerawat udah keliatan mau muncul ke permukaan, aku langsung minum obat jerawatnya aja dan dia jadi tidak jadi timbul atau bisa langsung kering juga. Jadi obat minum jerawatnya itu harus stand by ada. Tapi udah jarang banget aku minumnya, kira2 cuma sebulan sekali aku minum buat pencegahan jerawat aja. 

Sekian sharing pengalamanku berobat ke Dr. Kun.

Until next post!

Vidya

24 Comments

  1. aku juga suka ngaca gitu kak hampir tiap bangun tidur dan ujung2nya malah stress sendiri liat wajah huhu uda ganti2 skincare dan perawatan dokter gak cocok terus.... pengen banget ke dokter kun tapi aku di jawa timur :((( btw konsulnya yg paling mahal ya kak hehe di tempat aku rata2 biaya konsul cuma 50rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biaya dokternya emang agak mahal ya haha skincare lain disini juga ada yg 100rban kok malah ada yg gratis biaya dokternya. yah kamu jauh yah, semoga nanti ada kesempatan buat coba yah!:)

      Delete
  2. Hai Vidia, thanks sharing pengalamannya.
    Nih lagi rencana coba mao berobat ke dokter Kun.
    Cmn ad pertnyaan 1, apakah diharuskan minum obat jerawatnya?

    ReplyDelete
  3. pengalamannya.
    Nih lagi rencana coba mao berobat ke dokter Kun.
    Cmn ad pertnyaan 1, apakah diharuskan minum obat jerawatnya? soalny obatny kedengaran yg agak keras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf ya aku baru sempet bales. setau aku yang optional itu sabun dan sunblocknya, tp kalau untuk obat aku rasa dr kun pasti akan nganjurin minum obat itu soalnya pas di jelasin di dalem itu dokternya kayak ngejelasin khasiat obat itu sih karna yang bikin ampuh ya obat minumnya itu. tp utk pastinya coba aja kamu tanya lagi ke dokternya yahh:)

      Delete
  4. Sampe sekarang masih pake kah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih, tapi dari kemarin aku cuma repurchase aja pakai gojek, belum sempet kontrol kesana lagi nih haha

      Delete
  5. kira2 masing2 fungsi obat nya apa aja ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya khusus ngebantu buat ngilangin jerawat karna memang concern-nya buat biar gak jerawatan lagi kak

      Delete
  6. Kalo udah setahun pemakaian obatnya,bisa lepas ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, Dr. Kun memang nganjurin kalau mau berhenti minum dan pakai obatnya tunggu minimal setahun dulu baru abis itu boleh berenti dan jerawat udah mulai gak bandel lagi

      Delete
  7. Hai kak boleh kasih tau obatnya apa? Mungkin bisa dibeli d apotek yg lebih dekat, rumahku jauh bgt soalnya

    ReplyDelete
  8. Hai kak boleh kasih tau obatnya apa? Mungkin bisa dibeli d apotek yg lebih dekat, rumahku jauh bgt soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf aku kurang tau namanya apa soalnya cm disebut obat jerawat sm dokternya

      Delete
    2. Bantu jawab ya kak, nama obatnya Roaccutane dan obat ini ga dijual di apotek :)

      Delete
  9. Siang, saya mau tanya dong , apakah misal nya saya mau make up , saya sama sekali tidak boleh pakai cream dokter nya dulu? misal nya sehari pakai cream , sehari full make up?

    dan pertanyaan kedua , saya ada beberapa kali pakai cream beli online sampai pakai cream dokter , kasus pertama pakai seminggu wajah saya langsung bengkak gede dan merah , lalu saya berenti pakai cream itu dan kemudian saya pakai cream merk lain, yang kali ini baru pakai sekali oles saja, besok nya langsung bengkak , gede, merah , kebakar, apakah karena cream nya terlalu berbahaya, atau wajah saya yang terlalu sensitif, atau wajah saya sudah banyak mengandung kandungan cream, sehingga pakai apapun tidak cocok , dan saya mau coba ke dr kun juga akan tkt, saya yakin hasil nya buat orang lain bagus, namun saya kautir klo untuk kulit saya akan bagus atau tidak, ditambah untuk konsultasi nya juga agak susah.
    tolong bantu jawab , terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya kak.
      1. Setau saya, kalo berobat di dr kun masih tetap bisa make up-an kok. Ga ada larangan sama sekali malahan
      2. Kebanyakan cream2 yg dijual bebas itu biasanya apoteker gitu yg racik kak atau bahkan judulnya aja "obat dokter/cream dokter anu/cream dokter ono" padahal cuma cream2 biasa yg dibeli kiloan gitu (bukan nakutin ya kak). Saranku sih, urusan wajah kakak lgsg konsultasi sama ahlinya aja. Jangan takut ke dr kun hanya karena baca review orang purging atau apalah gitu, karena pada dasarnya reaksi kulit orang itu beda2. Di aku pribadi, ga ada mengalami purging parah seperti yg diceritain orang2. Selamat mencoba ya kak dan stop pake cream yg di jual bebas sama online shop yaa :)

      Delete
  10. Boleh yg mau konsul dr kun aku buka jasatelpon nya silakan wa 081291243123

    ReplyDelete
  11. sini yg mau konsul bisa aku bantu wa yaa 089543395081

    ReplyDelete
  12. Halo vidia,aku juga pasien dr kun nih. Setelah satu tahun apa langsung bener2 putus obat atau diangsur angsur minumnya? Terima kaaih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah setahun itu obat hanya utk stand by aja kalau2 mau ada jerawat muncul dan memang sudah gak minum rutin sesuai anjuran dokter lagi wkt itu. Sekarangpun obat aku sudah lama habis belum beli2 lagi karna bisa dibilang sudah bisa lepas dari obatnya

      Delete
  13. Halo kak mau tanya, cara lepas dari obat minum dr kun gmna ya? Saya udah minum selang seling dan pelan pelan mau lepas tp kok muncul lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kamu udah berapa lama minum obatnya ya? biasanya kalo udah setahun rutin minum obat itu jerawat harusnya udah ga kayak awal lagi. Nah aku pelan-pelan stop itu di back up sama cream pagi dan malemnya aja. Jadi kalo ada jerawat aku pakein creamnya aja ampuh kok. Hope it helps!:)

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete